Penyuluhan, Konsultasi dan Penyusunan Dokumen Hukum

Penyuluhan, Konsultasi dan Penyusunan Dokumen Hukum

0
88

Warta Metropolis Surabaya, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur , melalui UPT Pelatihan Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur , menggelar kegiatan yang bertajuk Penyuluhan ,Konsultasi dan penyusunan Dokumen Hukum .

Kegiatan tersebut di gelar tanggal 10- Oktober 2023 pada hari Selasa.

Acara tersebut di buka secara langsung oleh ibu Kadis Koperasi dan UKM Prov Jatim Dr Andromeda MM .

Dalam sambutannya Dr. Andromeda M.M selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM menyatakan UMKM memiliki peran yang startegis bagi perekonomian serta sebagai penyerapan tenaga kerja , UMKM memiliki peran yang startegis bagi perekonomian serta sebagai penyerapan tenaga kerja kegiatan ini paket lengkap 3in1 yang meliputi pengukuhan, konsultasi dan penyusunan dokumen usaha yang hal ini sangat penting untuk pelaku usaha . “diharapkan para UKM selalu bersemangat dan berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas diri untuk menjadi pelaku UKM bagaimana cara mengaskses bantuan pelayanan hukum” ujar Andromeda

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM agar sadar akan permasalahan hukum yang mereka lalui selama melakukan bisnis tersebut.

Saat di temui oleh Warta Metropolis bpk Erwin Indra Widjaja ,SE.,M.A.P selaku Kepala UPT Pelatihan Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur , mengatakan ,” bahwa saat ini permasalahan hukum yang menimpa pelaku UMKM khusus nya di Jawa-Timur semakin banyak , dengan melihat realita tersebut kami selaku Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur , melalui UPT Pelatihan Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur , menggelar kegiatan yang bertajuk Penyuluhan ,Konsultasi dan penyusunan Dokumen Hukum .” kata nya.

Dia juga menambah kan dengan di gelar nya kegiatan tersebut , tentu nya akan membuka wawasan para pelaku UMKM terhadap permasalahan hukum dalam berwirausama akan lebih waspada dan lebih hati hati .” tambahnya.

Ia juga berharap dengan telah di ikuti nya kegiatan ini , para pelaku UMKM juga akan melek hukum dan lebih berani dalam bertindak sesuai dengan koridor hukum yang telah di peroleh dari kegiatan saat ini , sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi para pelaku UMKM.” Harap nya.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari berbagai pelaku UMKM di Jawa-Timur di bawah wadah organisasi FES Jatim ( Forum Ekonomi Syariah Jatim ) yang di pimpin oleh ibu Iin dari Kab Madiun .

Saat di temui oleh Warta Metropolis Ketua FES Jatim , mengatakan , bahwa kami sangat berterima kasih , yang mana Dinas Koperasi dan UKM Prov Jatim , melalui UPT Pelatihan mengfundang kami dengan kegaitan yang bertajuk permasalahan hukum ini , sehingga kami dapat memahami permasalahan hukum , tentu nya ini sangat bermanfaat bagi kami dalam mengelolah Usaha UMKM .”kata nya.

Dalam kegiatan tersebut , panitia menghadirkan para nara sumber yang ahli di bidang nya . diantara nya adalah Saheri SH.,MH dari Lapu Jatim  dengan materi Pembuatan Dokumen hukum , Kontrak sederhana , Totok Wahyudi SH dari Lapu Jatim dengan materi Penyuluhan hukum tentang penting nya legalitas perizinan , Siti Zaenab SH ketua Lapu Jatim Biro Kab Jember , yang semua pemateri tersebut adalah para pengacara yang setiap hari nya berkutak dengan permasalahan hukum di Koperasi-UMKM yang tergabung dalam LAPU Jatim ( Lembaga Advokasi Pendampingan Usaha Jawa-Timur )

Selain narasumber yang ahli di bidang nya , panitia juga menghadir kan secara langsung Layanan Konsutasi Hukum Gratis 24 jam dari Tenaga Ahli Hukum Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur , dan di hadiri oleh Dr Ir Sunarto dari Polbangtan Malang.

Adanya fasiltasi diharapkan dapat membantu UMKM dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahannya, agar dapat terus menjalankan usahanya secara lebih aman dan nyaman serta adanya jaminan dari pemerintah sebagai bukti bahwa pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM Prov Jatim sangat memperhati kan permasalahan hukum yang ada dan yang menimpa para pelaku UMKM di Jawa-Timur. /lia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini