Kaliuceng Sebagai Wadah Bangkitnya Perekonomian UMKM Jatim

Warta Metropolis Jatim, Upaya untuk mempersatukan pelaku UMKM di Jawa Timur dilakukan oleh pengurus UMKM Kaliuceng tengah digencarkan, hal tersebut bertujuan agar mempercepat bangkitnya kembali perekonomian di Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

Dengan menggandeng berbagai pihak Komunitas K-UMKM Kaliuceng (K3) yang bermarkas di Desa Kasembon ini, beberapa waktu yang lalu menghadirkan ASMIPA sebagai mitra untuk mempromusikan produk-produk lokal hasil dari pelaku UMKM di Kasembon.

Ibu Sofi selaku Ketua ASMIPA saat di temui oleh Warta Metropolis di acara Harlanya di Destinasi Kaliuceng mengatakan, “kami dari ASMIPA memiliki jaringan di Indonesia, bahkan internasional telah banyak mempromusikan wisata dan produk-produk UMKM dari berbagai daerah,” katanya.

Dia menambahkan, “kami sangat senang bahwa di Kaliuceng ini tempat wisatanya sudah layak jual dan untuk oleh-olehnya dari usaha Kaliuceng ini juga sudah layak jual dengan begini kami yang selalu hadir bersama rekan-rekan pecinta wisata juga membuiuhkan produk-produk lokal sebagai oleh-oleh dan juga sebagai konsumsi saat kita membutuhkan makanan,” tambahnya.

Sofi juga berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya kami berharap agar semakin banyak pelaku UMKM yang menjual produk-produknya pada anggota kami dan semakin banyak wisatawan baik dari lokal maupun interlokal yang berkunjung di Kaliuceng ini, karena kami adalah komunitas yang bergerak di bidang wisata,” harap ketua ASMIPA yang bermarkas di Gresik ini.

Sementara itu bu Reni salah satu tokoh wanita penggerak di Kesambon, saat menghadiri kegiatan tersebut pada Warta Metropolis mengatakan, “saya sangat bangga dan senang bila tempat kami di Kaliuceng di Kecamatan Kesambon, Kabupaten Malang ini di kenal diberbagai daerah di Indonesia, bahkan di manca negara selain itu juga para pelaku UMKM yang ada di daerah kami nantinya akan lebih dikenal produk-produk lokalnya, karena sebagai oleh-oleh dari para wisata yang hadir di destinasi Kaliuceng ini,” Kata ketua penggerak PKK Kecamatan Kesambon ini.

Sentara itu Nurhadi Santoso selaku ketua Komunitas K-UMKM Kaliuceng Jatim, menjelaskan, “kami bersama pengurus berupaya untuk memajukan produk-produk UMKM lokal di Kaliuceng ini khususnya dan UMKM Jawa Timur pada UMUM nya, kami menjalin kerjasama dengan berbagai pihak tentunya sebagai sarana mempromusikan usaha kami bersama Destinasi Kaliuceng ini, salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama dengan ASMIPA komunitas yang bergerak dalam bidang wisata.

Dengan hadirnya ASMIPA di Wisata ini, tentu akan membawa para wisata untuk menikmati wisata alam di Kaliuceng ini dan tentunya juga akan membutuhkan oleh-oleh dari produk-produk daerah kami,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, “dari banyaknya wisatawan yang hadir tentu akan banyak membutuhkan sarana pendukung yaitu oleh-oleh bagi mereka yang ingin diberikan pada kelurganya, selain itu untuk konsumi makanannya tentu sangat dibutuhkan, maka dari itu untuk mendukung pertumbuhan kebutuhan UMKM di wilayah kami, kami akan menyiapkan ESTALASE UMKM yang mana sebagai tempat untuk mempromusikan produk-produk anggota Komunitas K-UMKM Kaliuceng Jatim ini yang mana nanti produk dari anggota kami sejatim akan kami tempatkan disana,” tambahnya.

Pak San (nama panggilannya, red) berharap agar dengan adanya K3 (Komunitas K-UMKM Kaliuceng Jawa Timur ini) akan mempercepat bangkitnya perekonomian di Jawa Timur khususnya di Kecamatan Kasembon ini,” harap kepala desa Kesambon ini. /lia

spot_img

Latest articles

Related articles

spot_img