FOKUS UMKM & FBI Sinergi dengan Pemerintah Mendukung Ekosistem Formalisasi Usaha UMKM Meningkat Mewujudkan Jatim Bangkit

FOKUS UMKM & Iste FBI Sinergi dengan Pemerintah Mendukung Ekosistem Formalisasi Usaha UMKM Meningkat Mewujudkan Jatim Bangkit

0
4

Wartametropolis Jatim – Peningkatan kualitas pelaku usaha UMKM ditanah air terus ditingkatkan secara masif oleh beberapa lembaga pendampingan. Antara lain yang dilakukan oleh FOKUS UMKM, sebauh lembaga yang telah eksis dan konsiten dalam pelatihan, pendampingan, inkubator bisnis, mentoring dan sertifikasi.

Peran pendamping UMKM sangat dibutuhkan oleh 65 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah ditanah air. Hal itu sangat disadari oleh FOKUS UMKM, maka dari itu lembaga ini telah mampu menghasilkan Mentor/Pendamping Kompeten.

Dengan visi dan misi meningkatkan UMKM Berkelas dan Mentor Kompeten dengan sinergi Astha Kolabraksi 4 GO (Go Legal – Go Modern – Go Digital – Go Global), maka FOKUS UMKM terus bersinergi tidak hanya dengan pelaku umkm, namun juga dengan pilar akademisi, pengusaha, pemerintah, pendamping umkm, pengurus, media dan lembaga keuangan.

Seperti hal rutin yang dilakukan FOKUS UMKM yakni Pelatihan Mentor Kompeten, pada tanggal 3-5 Juli 2023 dilaksanakan Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) bekerjasama dengan Kementerian Agama RI (BPJPH) dan LP3H UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta hadir dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatera, Bali, hingga Maluku.

Melalui kanal digital zoom , pelatihan yang memiliki output Pendamping PPH ini, akan memiliki tugas mendampingi UMKM menverifikasi dan menvalidasi hingga terbitnya Sertifikat Halal.

“Kegiatan Pelatihan Pendamping PPH Batch 6 kali ini, yang diselenggarkaan FOKUS UMKM 3-5 Juli 2023 merupakan bagian dari upaya kami mendukung Pemerintah menciptakan ekosistem pendamping kompeten. Karena dengan kebutuhan UMKM saat ini cukup besar sekali untuk didampingi hingga proses sertifikasi produk maupun sertifikasi perijinan dalam dimiliki mereka” ujar Ari Prabowo, Direktur Eksekutif FOKUS UMKM pada Wartametropolis.

Halal Center FOKUS UMKM hingga saat ini telah memiliki Pendamping PPH lebih dari 150 orang tersebar diseluruh pelosok. Karena FOKUS UMKM telah ada di 30 Provinsi di Indonesia.

Selain Halal Center, FOKUS UMKM juga memiliki Inkubator Bisnis yang mengelola usaha peserorangan , maupun usaha kelompok untuk dapat meningkatkan bisnisnya.

“Dari sejak 2021 Desember, hingga saat ini Inkubator Bisnis FOKUS UMKM telah berhasil membina lebih dari 1000 UMKM Perseorangan dan lebih dari 50 Kelompok Masyarakat dan beberapa Wirausaha Mudah dari kalangan Perguruan Tinggi. Kami telah juga bekerjasama dengan perguruan tinggi ditanah air, untuk mendukung program Kampus Merdeka, sehingga ouput perguruan tinggi bisa lebih banyak menghasilkan Entrepreneur sejati” kata Ari Prabowo yang juga selaku Direktur FBI (FASNAS BOSS INDONESIA).

FOKUS UMKM memiliki lama website di www.fokusumkm4go.com dan sosial media IG/TikTok/FB : @fokusumkm4go . Setiap minggunya juga memiliki konten NGOMEN (Ngobrol Bareng Mentor) yang menfasilitasi Pendamping UMKM untuk menaikkelaskan personal brandingnya dan meningkatkan kualitas ilmunya.

Selain itu pula FOKUS UMKM tahun ini telah dipercaya oleh Kementerian  Lingkungan Hidup (Badan Restorasi Gambut & Mangrove Republik Indonesia) untuk menjadi konsultan dari 92 POKMAS (Kelompok Masyarakat) binaan BRGM di Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Papua.

“Untuk Pelatihan berikut FOKUS UMKM menjadwalkan Pelatihan PPH tanggal 26-28 Juli 2023, dan Pelatihan FASDA BPOM Penyuluh Keamanan Pangan tanggal 3-5 Agustus 2023” kata Ari Prabowo, menutup pembicaraan./ faris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini