Penyuluhan, Konsultasi dan penyusunan Dokumen Hukum

Penyuluhan, Konsultasi dan penyusunan Dokumen Hukum

0
29

Warta Metropolis Surabaya : Bertempat di salah satu hotel ternama di Surabaya , Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur , melalui UPT Pelatihan Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur , menggelar kegiatan yang bertajuk Penyuluhan ,Konsultasi dan penyusunan Dokumen Hukum .

Kegiatan tersebut di gelar selama dua hari terhitung muai tanggal 25-26 September 2023 pada hari Senin dan Selasa.

UMKM memiliki peran yang startegis bagi perekonomian serta sebagai penyerapan tenaga kerja.

Acara tersebut di buka secara langsung oleh ibu Kadis Koperasi dan UKM Prov Jatim Dr Andromeda MM .

Dalam sambutannya Dr. Andromeda M.M selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM menyatakan  kegiatan ini paket lengkap 3in1 yang meliputi pengukuhan, konsultasi dan penyusunan dokumen usaha yang hal ini sangat penting untuk pelaku usaha . “diharapkan para UKM selalu bersemangat dan berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas diri untuk menjadi pelaku UKM bagaimana cara mengaskses bantuan pelayanan hukum” ujar Andromeda

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM agar sadar akan permasalahan hukum yang mereka lalui selama melakukan bisnis tersebut.

Saat di temui oleh Warta Metropolis bpk Erwin Indra Widjaja ,SE.,M.A.P selaku Kepala UPT Pelatihan Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur , mengatakan ,” bahwa saat ini permasalahan hukum yang menimpa pelaku UMKM khusus nya di Jawa-Timur semakin banyak , dengan melihat realita tersebut kami selaku Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur , melalui UPT Pelatihan Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur , menggelar kegiatan yang bertajuk Penyuluhan ,Konsultasi dan penyusunan Dokumen Hukum .” kata nya.

Dia juga menambah kan dengan di gelar nya kegiatan tersebut , tentu nya akan membuka wawasan para pelaku UMKM terhadap permasalahan hukum dalam berwirausama akan lebih waspada dan lebih hati hati .” tambah nya

Ia juga berharap dengan telah di ikuti nya kegiatan ini , para pelaku UMKM juga akan melek hukum dan lebih berani dalam bertindak sesuai dengan koridor hukum yang telah di peroleh dari kegiatan saat ini , sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi para pelaku UMKM.” Harap nya.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari berbagai pelaku UMKM di Jawa-Timur .

Dalam kegiatan tersebut , panitia menghadirkan para nara sumber yang ahli di bidang nya . diantara nya adalah Dr Djumikasih dari Universitas Brawijaya Malang dengan materi Penyuluhan Hukum tentang permodalan perorangan dan HAKI UMKM , Dr Shinta Hadiyantina dari Universitas Brawijaya Malang dengan materi Penyuluhan hukum tentang penting nya mendapat kan legalitas perizinan bagi pelaku usaha /UMKM ,Riski Febria,MH dari Universitas Merdeka Malang dengan materi Penyusunan Dokumen hukum bagi pelaku Usaha / UMKM , Yudi H.SH dari SJ Lawfirm dengan materi Konsultasi Permasalahan hukum yang dihadapi UMKM .

Selain narasumber yang ahli di bidang nya , panitia juga menghadir kan secara langsung Layanan Konsutasi Hukum Gratis 24 jam dari Tenaga Ahli Hukum Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur .

Adanya fasiltasi diharapkan dapat membantu UMKM dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahannya, agar dapat terus menjalankan usahanya secara lebih aman dan nyaman serta adanya jaminan dari pemerintah

Dengan kehadiran Layanan Konsultasi Hukum secara Gratis tersebut diharap kan nanti nya para peserta mendapat kan layanan konsultasi hukum secara gratis dan insyaallah juga akan mendapat kan bimbingan dan arahan dari team layanan Konsultasi hukum tersebut sebagai bekal dalam berwirausaha dan bagaimana menangani bila terjadi wanprestasi dalam usaha nya.” Terang pak Erwin ( nama panggilan Kepala UPT Pelatihan Dianas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timu). /ttk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini