Pada Peringatan Hari Koperasi ke-76 tahun 2023, Wagub Emil Dorong Inovasi Wujudkan Koperasi Mantab

Kopontren Antar Jatim Raih Penghargaan Top Inovasi Publik

0
112

Warta Metropolis Jember, 27 JULI 2023 – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi ke 76 yang digelar di Alun-alun Kabupaten Jember, Kamis (27/7). Peringatan Hari Koperasi ke – 76 tahun 2023 ini mengusung tema “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” dengan tagline “Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju”.

Wagub Emil mendorong para penggerak koperasi di Jatim untuk terus berinovasi agar bisa mewujudkan Koperasi Mantab (Mandiri, Tangguh, dan Bermartabat). Inovasi membuat koperasi bisa menjawab kebutuhan pasar yang dinamis sehingga akan selalu eksis di masyarakat. Untuk itu, ia mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mendukung pengembangan koperasi.

“Sebab 57-58 persen perekonomian di Jawa Timur ini ditopang oleh UMKM dan koperasi. Oleh karena itu harus kita dukung bersama. Insya Allah koperasi bisa menjadi penggerak perekonomian yang berkeadilan,” kata Wagub Emil dalam sambutannya.

Guna mendukung pengembangan dan inovasi koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menggelar beragam perlombaan dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke 76 sejak 3 Juli 2023 lalu. Di puncak rangkaian Peringatan Hari Koperasi hari ini, Wagub Emil menyerahkan penghargaan kepada para pemenangnya.

Juara I jenis Koperasi Jasa Lomba Koperasi Berprestasi diraih oleh Koperasi Jasa Karyawan Usaha Sejahtera Bersama Kabupaten Gresik, Juara I Jenis Koperasi Konsumen Lomba Koperasi Berprestasi yakni Koperasi Konsumen Keluarga Besar Petrokimia Gresik,  Juara I Jenis Koperasi Pemasaran Lomba Koperasi Berprestasi yakni Koperasi Unit Desa Pakis Kabupaten Malang.

Kemudian Juara I Jenis Koperasi Produsen Lomba Koperasi Berprestasi yakni Koperasi Produsen Agrobisnis Tarutama Nusantara Kabupaten Jember, Juara I  Jenis Koperasi Simpan Pinjam Lomba Koperasi Berprestasi yakni Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Berkah Insan Mulia Jawa Timur Kabupaten Tuban.

Serta Juara I Lomba Koperasi Siswa diraih Koperasi Siswa Modern Shakira Bina Cendekia MAN 2 Kab. Tulungagung. Wagub Emil juga memberikan Penghargaan Bagi Kepala Daerah Kab/ Kota Terbaik Pembina Koperasi Dan UKM Di Jawa Timur kepada Kab. Jember, Kab. Tuban, dan Kab. Lamongan.

“Tidak hanya koperasi di bidang jasa dan produksi, ada juga koperasi di bidang digital marketing yang digerakkan oleh siswa di sekolah yang menang perlombaan,” kata Wagub Emil.

Saat ini koperasi memiliki peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian kemasyarakatan untuk mengentaskan kemiskinan. Mulai dari petani, peternak, hingga pengrajin di daerah-daerah telah merasakan manfaatnya. Bahkan di pondok pesantren pun turut serta menghidupkan koperasi yang sering disebut Kopontren.

“Tahun lalu, Jatim mendapat penghargaan Top Inovasi Publik berkat program Eko-tren. Dimana salah satu unsurnya adalah kopontren. Jadi kopontren mengantarkan Jatim meraih penghargaan di tingkat nasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Emil juga secara simbolis menyerahkan Fasilitasi Badan Hukum Koperasi, Program Prokesra, Sertifikasi Retail, LPDB, dan  Sertifikat Halal kepada pegiat koperasi.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah menjadikan Jember sebagai tuan rumah Peringatan Hari Koperasi ke 76. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi para penggerak koperasi di Jember.

“Saya berpesan, jangan hanya di sektor pembiayaan saja tapi juga harus bergerak di sektor riil. Pariwisata, UMKM, produk pertanian semua ada di jember. Mari bersama adakan kerja sama antar daerah untuk bersinergi dan berkolaborasi di sektor riil. Sehingga masyarakat bisa mendapat manfaatnya,” tandasnya.

Selain ratusan pegiat koperasi, acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari dan beberapa kepala daerah se Jawa Timur. (bbg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini