Warga RW 08 Kel. Simo Mulyo Baru, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya, Gelar Kirab Budaya Dalam Rangka Sedekah Bumi

Warga RW 08 Kel. Simo Mulyo Baru, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya, Gelar Kirab Budaya Dalam Rangka Sedekah Bumi

0
74

Warta Metropolis Surabaya, Dalam rangka Wuri wuri adat budaya bangsa yang masih tersisa di tengah modernsasi jaman Warga RW 08 Kelurahan Simo Mulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya gelar Kirab Budaya dalam rangka Sedekah Bumi.

Kegiatan ini selain untuk melestarikan adat sejarah bangsa juga untuk menghormati para leluhur yang telah berjuang dan membangun daerah yang kita tempati ini.

Dengan memperingatinya sebagai bersih desa atau sedekah bumi yang artinya kita sebagai geberasi muda yang harus menjaga keberadaan desa atau daerah yang kita huni ini dengan berbagai kegiatan yang positif, seain menjaga keamanan, kebersihannya kita harus rukum bersama dalam mewujudkan cita-cita leeluhur kita, mendirikan tempat hunian atau kampung yang nyaman dan sejahtera.

Kegiatan kirab budaya sedekah bumi tersebut digelar pada hari minggu yang lalu, yang mana kirab budaya tersebut diikuti oleh semua warga RW 08 yang terdiri dari 7 RT. Muai anak-anak, remaja, karang taruna, ibu ibu dan bapak bapk semua turut serta merayakan.

Ketua RW 08 Kelurahan Simo Mulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya Sutopo menjelaskan pada Warta Metropolis, “bahwa kegiatan tahunan ini sejakdulu dilak kan oleh warga kami dan kami sangat mendukung kegiatan ini, karena semua ini adalah Swadaya masyarakat sendiri,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, “bahwa dukungan masyarakat sangat lah penting agar terlaksananya kegiatan sedekah bumi ini, adapun kegiatan yang kami lakukan selain pawai budaya juga ada campur sari, istiqosa dan bazar, semua ini untuk menyenangkan masyarakat sekalian menguru nguri adat budaya kami sekaligus melestarikan adat dari leluhur kami,” tambahnya.

Dia juga berharap, “agar kedepannya para generaasi kita dari warga RW 08 yang nanti akan melanjutkan estafet ini, maka tidak heran pada kegiaatan pawai budaya ini banyak menamilkan para generasi muda, baik karang taruna maupun remaja yang menghiasi pawai budaya ini,” harapnya.

Berbagai budaya telah ditampilkan oleh peserta pawai budaya sedekah bumi mulai dari jaranan, baju adat dan berbagai gunungan telah ditampilkan oleh masyarakat RW 08, sementara untuk rutenya adalah batas dan wilayah teritorial RW 08 sendiri. /her

??????

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini