Rapat Koordinasi Kebijakan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur

Rapat Koordinasi Kebijakan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur

0
28

Warta Metropolis Jatim, Dalam rangkah meningkat kan sinergi kebijakan Kelembagaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah , antara Pemerintah Provinsi Jawa-Timur dan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa-Timur.

Serta sebagai rangkaian peringatan Hari Koperasi ke 76 , Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa-Timur bermaksud menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kebijakan Kelembagaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur yang di rangkai dengan penyerahan penghargaan.

Acara tersebut di buka secara langsung oleh Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa-Timur Iva Candraningtyas ,S.Sos,M.AB.dalam sambutan nya , bu Iva ( nama panggilan nya .red ) mengatakan , bahwa Kegiatan Rapat Koordinasi Kebijakan Kelembagaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa-Timur ini selain untuk meringati Hari Ulang Tahun Koperasi ke 76 tahun juga bertujuan untuk menyinergiakan antara Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintahan Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kabu[aten dan Kota sejawa Timur .” kataanya.

Dia juga menambah kan ,” dengan bersinergi nya kedua belah pihak ini , tentu sangat meringan kan tugas dan tanggung jawab kita dalam melayanai masyarakat , khhusus nya dalam memberikan bimbingan serta pengawasan bagi para Koperasi baik tngkat Provinsi maupun tungkat Kabupaten dan Kota .” tambah nya.

Sebelum menutup sambutan nya beliau berharap agar para peserta yang mengikuti kagiatan ini , memanfaat kan ilmu yang kami saji kan dari para narasumber yang pada ahli nya , sebagai bekal dalam menjalan kan tugas nya dalam melayani masyarakat , sehingga apa yang kami saji kan dalam serangkaian kegaiatan ini bermanfaat dan tepat sasaran dalam menunjang kinerja kita kedepan nya .” harap nya.

Dalam kegiatan tersebut , Dins Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawwa-Timur menghadir kan narasumber yang ahli di dalam bidang nya diantara nya, Pemateri 1 dari Asdep Pembiayaan dan Perlindungan Koperasi Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dengan thema Materi Sosialisasi Permenkop no 8 tahun 2023 tentangUsaha Simpan Pinjam.

Pemateri 2 dari Asdep Kelembagaan dan Tatakelola Koperasi Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dengan thema Materi Prosedur Pembubaran Koperasi.

Pemateri ke tiga Dr Moehammad Fathorozi,M.Si dengan thema Materi dari FEB Universitas Jember dengan thema materi Jati diri Koperasi di Era Minilial. Pemateri ke empat Dr Fauzan Mutaqien,SE.,MM dari Institut Tehnologi dan Bisnis Widyagama Lumajang dengan thema Materi strategi Modernisasi Koperasi.

Juga ada Sosialisasi Akselari Percepatan Nomer Induk Berusaha UMK dengan moderator Movemen Management Garda Transfumi Jawa-Timur. Selain kegiatan tersebut diatas , juga di gelar penyerahan hadiah bagi pemenang lomba Koperasi berprestasi Tingkat Provinsi Jawa-Timur. Kategori Bidang Koperasi Berprestasi , diantara nya

I. Kelompok Koperasi Jasa Juara 1 diraih oleh Koperasi Jasa Karyawan Usaha Sejahtera Bersama dari Gresik, Juara ke dua di raih oleh Koperasi Jasa Karyawan Usaha Bhakti PT.PJB Paiton Kab Probolinggo , Juara ketiga diraih oleh Koperasi Jasa TKBM Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Kota Probolinggo.

II. Kelompok Koperasi Konsumen , juara 1 diraih oleh Koperasi Konsumen Keluarga Besar Petro Kimia Gresik , Juara ke dua diraih oleh Koperasi Konsumen Pelita Sejahtera Kota Malang , Juara ketiga Koperasi Konsumen Tongkol Samudra Abdi Lamongan.

III. Kelompok Koperasi Pemasaran , Juara 1 Koperasi Unit Desa Pakis Kab Malang , Juara ke dua diraih oleh Pemasaran Usaha Bersama Sapi Jaya Kab Kediri , Juara ketiga diraih oleh Koperasi Pemasaran Ita Kita Sejahtera Jawa-Timur Kab Mojokerto.

IV. Kelompok Koperasi Produsen , Juara Pertama di raih oleh Koperasi Produsen Agrobisnis Taruma Nusantara Jember , Juara kedua di raih oleh Koperasi Peternakan dan Pemerahan Air Susu Sapi Rakyat SAE Pujon Kab Malang ,Juara ketiga diraih oleh Koperasi Padangan Bojonegoro.

V. Kelompok Koperasi Simpan Pinjam , Juara Pertama di raih oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Berkah Insan Mulia Jawa-Timur Tuban , Juara kedua diraih oleh Koperasi Kredit CU Yos Sudarso Jember ,Juara ketiga diraih oleh Koperasi pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Nurul Jannah Gresik.

Kategori Bidang Koperasi Siswa , Juara pertama di raih oleh Koperasi Modern Shakira Bina Cendekia MAN 2 Tulunganggung , dengan nama siswa Khoirun Nadhiroh , Rika Indah Veronika dengan hasil produk nya Subscription Card . Juara kedua diraih oleh Koperasi Siswa Maju Sejahtera SMA Negeri 2 Lamongan dengan siswa bernama Muhamad Rafifudin dan Aida Aulia Wandani dengan hasil produk nya One Clas s One Projek dan Kopjek . Juara ketiga diraih oleh Koperasi Ganesha SMAN 1 Situbondo dengan nama siswa Abdulah dan Aisyah Bella dengan hasil produk nya Nasi Bakar Ikan Tongkol.

Penghargaan dan piala di serah kan secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Dr Andromeda Qomariah MM.

Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Dr Andromeda Qomariah MM dan jajaran nya , Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Jember ibu Sartini bersama jajaran nya beserta undangan dan pemenang lomba. Dalam kegiatan tersebut Panitia juga menghadir kan Layanan Konsultasi Hukum secara gratis , yang juga sangat di munati dengan banyak nya peserta berdiskusi tentang hukum pada layanan hukum gratis tersebut. Acara tersebut di gelar di Hotel Lotus Jembar pada hari Rabu, (26/7). /robert-zaenab

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini