PENYULUHAN DAN SOSIALISASI HUKUM

PENYULUHAN DAN SOSIALISASI HUKUM

0
1

Warta Metropolis Jember.Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jember di bawah bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha menggelar kegiatan pelatihan kewirausaan bagi pelaku UMKM dan sekaligus penyuluhan dan sosialisasi Hukum.

Kegiatan tersebut digelar mulai tanggal 23 Oktober 2023 sampai tanggal 26 Oktober 2023 di lantai 2 aula kantor Dinas Koperasi Jember. Dan dibuka oleh kepala Dinas Koperasi jember Ibu Drs Sartini, MM, di tengah kesibukan beliau yang cukup padat.

Selama empat hari berturut- turut, kegiatan tersebut diikuti oleh minimal 50 peserta di setiap harinya yang berbeda- beda orangnya. Pada hari ketiga, kegiatan pelatihan vocasional tersebut dibarengi dengan Kegiatan sosialisasi hukum, yang bertujuan selain untuk menumbuhkan minat kewirausahaan dimana langsung belajar pada pelaku usaha yang sudah sukses dibidangnya, juga disertai upaya untuk kesadaran hukum bagi pelaku UMKM.

LAPU Jatim yang dipimpin oleh Bambang Riyanto, S.H.M.H , dan biro Jember yang diketuai oleh Siti Zaenab, S.H, semua personilnya berprofesi sebagai advokat.  Siti Zaenab, S.H, menyampaikan, “legalitas peizinan mutlak dimiliki oleh pelaku usaha, meskipun usaha tersebut masih berskala kecil, dimana tentunya perizinan yang dibutuhkan juga perizinan sederhana pada dinas terkait. Dan hal tersebut sudah di sediakan oleh pemerintah secara gratis (asal mau mengurus sendiri) , tentu sayang sekali apabila tidak dimanfaatkan secara maksimal, Misalkan terkait dengan “nama usaha”. Yang mana pemberian nama usaha tidak boleh sama antar yang satu dengan yang lainnya. Kalo toch ada persamaan, yang belakangan mendaftar yang harus menambahkan kata atau pun menguranginya, sehingga tidak ada kesamaan antar yang satu dengan lainnya” ( Zab/ Jbr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini