Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Pengurus/Pengelola/Anggota Koperasi

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Pengurus/Pengelola/Anggota Koperasi

0
18

Warta Metropolis Jatim, Dalam rangkah meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia di seluruh wilayah Jawa Timur, maka Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, melalui UPT Diklat Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Pengurus/Pengelola/Anggota Koperasi”.

Kegiatan tersebut di buka secara langsung oleh Ibu Dr. Andromeda Qomaria M.M selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya Bu Andromeda (red panggilan) menyampaikan, “bahwa kegiatan seperti ini adalah bukti kepedulian kami dari pemerintah yang mana merupakan program yang sudah kami canangkan dalam mensejahterakan pelaku Koperasi dan UMKM se Jawa Timut,” terangnya.

Dia juga menambahkan, “agar dengan mengikuti pelatihan ini para peserta dapat menarik ilmunya dari para narasumber dan diterapkan dalam mengelolah koperasinya, sehingga koperasi yang dikelolanya dapat menjadi besar dan sesuai dengan kehendak bersama, sehingga dapat menyejahterakan anggotanya,” tambahanya.

Sementara itu Bapak Erwin Indra Widjaja S.E., M.AP pada Warta Metropolis setelah mendampingi Ibu Kadis mengatakan, “kegiatan ini merupakan permintaan masyarakat khusus pengelola koperasi pada kami, mengingat kegiatan ini sangat mendukung dan memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi pengelola koperasi, maka kami menggelar kegiatan ini sebagai bukti kepedulian pemerintah dalam menunjang peningkatan kapasitas sumberdaya manusia bagi pengelolah koperasi,” jelasnya.

Disisi lain Ibu Fifa dari Kabupaten Mojokerto saat ditemui oleh wartametropolis saat ditanya tentang kegiatan tersebut mengatakan, “kami sangat senang dan ilmunya sangat bermanfaat banget dalam membimbing kami mengelola koperasi, baik dari pengelola keuangannya, strategi menejemennya dan yang terbaru adalah permasalahan hukum yang sangat bermanfaat bagi kami agar koperasi kami tidak mengalami permasalahan hukum,” terangnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 Koperasi yang masing-masing Koperasi mengirim pengurusnya 2 orang pengurus, sehingga total peserta sebanyak 50 orang dari berbagai daerah di Jawa Timur diantaranya dari Madiun, Jombang, Mojokerto, Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Malang dan Sidoarjo.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber yang sudah ahli dalam bidangnya diantaranya Ibu Dr. Andromeda Qomariah M.M dengan tema Materi “Kebijakan dan Program Pembinaan Prioritas Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur”.

Pemeteri kedua Bapak Mario Dwi Putra S.S., M.Pd dari Widyaswara UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan tema materi “Manajemen Resiko Koperasi” pemateri yang ketiga adalah Ibu Elok Ning Faikoh S.Pd., M.Pd dari Widyaswara UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan tema materi “Laporan Keuangan Koperasi”. Pemateri ke empat Bapak Heru Oktavianto, S.Kom., M.M dari Widyaswara UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan tema materi “Sosialisasi Peraturan Mentri Koperaso N0 8 tahun 2023 tentang Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi”. Ke lima Bapak Bambang Rijanto S.H., M.H dari LAPU Jatim (Lembaga Advokasi Pendampingan Usaha Jawa Timur) dengan tema “Aspek Hukum Perjanjian/Perikatan pada Koperasi”.

Kegiatan tersebut di gelar di Hotel Aria Centra Jl. Taman AIS Nasution No. 37 Surabaya, dan di gelar selama dua hari terhitung mulai tanggal 27-28 Maret 2024. /lia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini