Dorong Penguatan Usaha KUKM Melalui Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi  

Dorong Penguatan Usaha KUKM Melalui Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi

0
18

Warta Metropolis Sidoarjo – UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur melakukan Pelatihan Peningkatan SDM Bidang Teknologi Informasi Bagi UMKM pada hari Jumat (24/11) di Fave Hotel Sidoarjo. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai kewirausahaan, motivasi, strategi bersaing, dan strategi dalam memasarkan sebuah produk. Hal itu semua dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi bagi wirausahawan pemula agar mereka bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sebegitu pesatnya untuk menunjang operasional usahanya sehingga dapat membantu mendorong usahanya agar lebih baik lagi..

Erwin Indra Widjaja – Kepala UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Diskop UKM Jatim melalui sambutannya mengatakan bahwa pada kegiatan ini peserta akan dibantu untuk memiliki mindset dan mental wirausaha yang tangguh, diberi keterampilan fotografi dan desain sederhana, dan keterampilan memanfaatkan sosial media dan juga marketplace yang sekarang sudah menjadi trend di kalangan pengusaha. “Apabila produknya sudah ada , lalu memiliki motivasi yang tinggi dan teknik pemasarannya tepat , insya allah sukaes berjualan”, ujar Erwin. 

Berbicara mengenai SDM, mari kita tengok kesiapan SDM Indonesia. Berdasarkan riset dari Bank Dunia tahun 2018, Indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Index/HCI) Indonesia berada pada peringkat 87 dari 157 negara. Nilai HCI Indonesia adalah 0,53 tertinggal dari beberapa negara Asia Tenggara.  HCI pada dasarnya adalah ukuran bagaimana kondisi pengetahuan, ketrampilan dan kesehatan untuk dapat mendukung produktivitas SDM.Revolusi Industri 4.0 mengarah ke digitalisasi dan otomatisasi, yang mengharuskan pemain industri untuk beradaptasi dengan perubahan dengan cepat. Proses digitalisasi telah menyentuh banyak aspek kehidupan manusia dan tidak dapat lagi dibendung. Segala sesuatu yang bisa berupa digital akan atau sudah menjadi digital dan menjadi kebutuhan saat ini.

Dalam pelatihan bertemakan digitalisasi ini materi yang akan diberikan terkait dengan pemasaran digital menggunakan marketplace, pemanfaatan media sosial, teknik fotografi sederhana menggunakan smartphone lalu mendesain menggunakan canva. Peserta yang hadir berjumlah 100 orang yang mana terdiri dari pelaku usaha mikro dari desa Tanjungsari dan Desa Bohar Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. 

Kualitas sumber daya manusia di era revolusi industi 4.0 menjadi sangat krusial, khususnya untuk sebuah organisasi baik itu profit ataupun non profit, semisal dalam dunia industri. Untuk itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi penting, sebagai contoh peningkatan ketrampilan SDM agar memiliki kompetensi yang baik dalam pemanfaatan teknologi digital. Selain itu, sumber daya manusia yang kompeten akan mewujudkan perusahaan yang cerdas (Smart Factories).(arief)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini