SOSIALISASI DAN PENYULUHAN HUKUM PADA PELATIHAN ENTERPRENEUR PEMULA

SOSIALISASI DAN PENYULUHAN HUKUM PADA PELATIHAN ENTERPRENEUR PEMULA

0
13

Warta Metropolis Jember. Sinergitas dan kerjasama disemua element pemerintah untuk memancing  dan mendorong dunia usaha baik UMKM- sekala mIkro dan Kecil serta menengah kian di galakkan. Tak terkecuali Dinas Tenaga Kerja di wilayah Kabupaten Jember Yang di komandoi bapak Drs Suprihandoko, M.M, selaku Kadis Disnaker kabupaten Jember yang menggandeng Dinas Koperasi Jember untuk melakukan pelatihan dan penyuluhan.

Bertempat Di aula Dinas Koperasi Jember  yang beralamat di jalan Karimata No 115 Jember yang dilaksanakan pada hari  Selasa Tanggal 12 Desember 2023, yang dihadiri kurang lebih 100 peserta, Suprihandoko dalam sambutannya menyampaikan dan memberikan tips dan trik berusaha agar bisa bertahan dan berkembang, dan tidak menutup kemungkinan merambah pasar luar kota Jember maupun keluar Negeri, yakni seorang entrepreneur ini haruslah memiliki integritas, kejujuran, memiliki etos kerja yang tinggi serta memiliki kemampuan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Dra. Shinta Rosmala, M.Si selaku kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas  Dinas Tenaga Kerja Jember juga menyampaikan, insya Allah program seperti ini akan terus di galakkan dan tidak menutup kemungkinan akan ditingkatkan, agar tercipta dan muncul entrepreneur- entrepreneur baru dan handal. “ Saya siap mendampingi dan memberikan arahan serta bimbingan, agar kota Jember ini semakain banyak pelaku usaha  dari berbagai bidang, sehingga yang dikenal  dari Jember, bukan hanya Tembakau saja, namun juga lebih beragam”

Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi Jember  Miftakhul FAuzi, S.K.M,  juga menyampaikan seorang entrepreneur haruslah memiliki keunikan dalam menciptakan produk, supaya memiliki ciri khas yang tidak mudah ditiru oleh pihak lain dan Juga etika dalam berbisnis, supaya tertata dan tertib dalam berbisnis. Pihak Dinas Koperasi pun akan memberikan bantuan dan pembinaan serta kemudahan dalam proses perizinan yang  diperlukan para entrepreneur pemula ini.Lelaki yang dipanggil dengan sebutan Pak FAuzi ini juga  mengifokan adnya program- program dari pemertintah yang memberikan izin secara gratis pada event-event tertentu

Tak luput, LAPU( Lembaga Advokasi Pendamping Usaha) Jatim Biro Jember yang diketuai Siti Zaenab, S.H, pun juga memberikan arahan dan biibingan di bidang hukum , tentang pentingnya legalitas Usaha, agar usaha yang telah dirintis para pelaku usaha ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan , tanpa khawatir adanya hambatan di kemudian hari , terutama dibidang perizinan, sesuai dengan skala usaha masing-masing dan tentunya ada payung hukum yang menaunginya, apabila ada pihak lain yang mencoba menggunakan merk yang telah  dimiliki dan telah  di daftarkan sesuai aturan yang berlaku, serta memiliki etika hukum dalam berbisnis. Zaenab juga menyampaikan, “para pelaku usaha ini akan diberikan layanan konsultasi gratis Oleh LAPU Jatim Biro Jember ini”( Zab/ Jbr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini